Pages

Minggu, 10 Januari 2010

Konsep Dasar CPM/PERT

Menurut Bronson, penjadwalan sebuah proyek (sepanjang waktu) dilakukan dengan sedikit perencanaan, alat “perencanaan” yang paling dikenal saat itu adalah bagan batang Gantt (Gantt barchart) yang menyatakan waktu awal dan akhir untuk setiap kegiatan dari satu waktu horisontal.
Manajeman proyek telah berkembang sebagai satu bidang baru dengan dikembangkan dua teknik analitis untuk perencanaan, penjadwalan, dan pengendalian proyek, keduanya adalah Critical Path Method (CPM/ Metode Jalur Kritis) dan Project Evaluation and Review Technique (PERT/teknik evalusi dan pengulangan proyek).
CPM (Critical Path Method) adalah suatu teknik analitis untuk perencanaan, penjadwalan dan pengendalian proyek dengan metode jalur kritis dengan taksiran tunggal untuk lama suatu aktifitas.
PERT (Project Evaluation and Review Technique) adalah teknik untuk mengasumsikan ketidakpastian lama waktu aktifitas yang digambarkan dengan probabilitas tertentu dan memerlukan tiga taksiran untuk satu lama aktifitas, yaitu waktu yang paling mungkin, waktu minimum dan waktu maksimum.
PERT dan CPM pada dasarnya merupakan metode-metode yang berorientasi pada waktu dalam arti bahwa keduanya mengarah pada penentuan sebuah jadwal, walaupun dikembangkan secara independent keduanyan secara mengejutkan sangat serupa, kemungkinan perbedaan yang terpenting adalah bahwa pada awalnya estimsi waktu untuk kegiatan-kegiatan berasumsikan bersifat determonistik dalam CPM dan PERT.
Manfaat CPM dan PERT :
1. Mengoptimumkan efisiensi pelaksanaan proyek yang bersangkutan.
2. Dicapainya penurunan terbesar dalam waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan proyek yang bersangkutan sambil tetap mempertahankan kelayakan ekonomi dari penggunaan sumber daya yang tersedia.
Untuk analisis proyek menggunakan CPM dan PERT, harus diasumsikan 3 sifat proyek berikut :
1. Proyek terdiri atas aktifitas-aktifitas yang terdefinisi dengan jelas.
2. Setiap aktifitas bisa dimulai dan diakhiri tanpa tercampur dengan aktifitas lain.
3. Setiap aktifitas terkait dengan urutan pelaksanaan satu sama lain.

0 komentar:

Posting Komentar