Pages

Senin, 11 Januari 2010

Peluang Bisnis di Dunia Kampus

Dunia kampus pada dasarnya didesain untuk menghasilkan ”lulusan” yang mampu bersaing di dunia usaha. Kemampuan bersaing yang dimiliki oleh para ”lulusan” tentunya tidak cukup hanya sebatas teori dan teori yang diperoleh dari ”bangku” kuliah, sehingga pengalaman bersaing secara nyata sangat diperlukan untuk mengasah kepekaan berbisnis. Dunia kampus yang dihuni oleh banyak manusia dari berbagai golongan tentunya menghadirkan peluang usaha yang dapat dimanfaatkan, terutama bagi ”mahasiswa” yang mau mengasah kepekaan berbisnis.

Peluang usaha yang dapat ”dilakoni” di area sekitar kampus harus mempertimbangkan berbagai aspek, mulai dari besar dan sumber permodalan, lokasi usaha, keunikan yang dihadirkan, konsumen, harga jual, dan sistem pengelolaan. Salah satu bisnis yang dapat dijalankan di area kampus adalah bisnis percetakan. Mengingat dunia kampus tidak terlepas dari berbagai macam kegiatan yang memerlukan hasil print out, seperti pengerjaan tugas, proposal, laporan kerja, skipsi, dan lain-lain.

Mengingat banyaknya usaha sejenis yang telah ada, maka pelu diadakan perubahan konsep dari usaha percetakan yang telah ada, misalnya dari segi kenyamanan, harga, dan kualitas hasil cetak. Kenyamanan yang diberikan dapat berupa pengadaan AC, kebersihan ruangan, serta pelayanan yang ramah. Kenyamanan yang dirasakan oleh konsumen akan memberi kepuasan tersendiri sehingga dapat berdampak positif bagi kelangsungan usaha. Harga yang dipatok tentunya harus disesuaikan dengan sasaran yang akan dijadikan konsumen namun kualitas yang diberikan harus tetap sebaik mungkin, sehingga keuntungan dapat diraih sekaligus menjaga konsumen tetap setia menggunakan jasa yang kita berikan.

0 komentar:

Posting Komentar